Friday, June 14, 2013

Renungan



BELAJAR DARI RAYAP

Apakah anda tahu rayap? Rayap adalah binatang kecil pemakan kayu. Juga dikenal sebagai hama yang bisa merusak rumah kita, setidaknya bagian rumah kita yang terbuat dari kayu.

Kekuatan rayap ini sangatlah luar biasa. Sebuah bangunan yang besar bisa hancur oleh binatang kecil ini. Namun begitu, rayap ternyata bukan hanya punya kekuatan untuk merusak, tapi juga memiliki kemampuan untuk membangun.

Apa yang dibangun rayap? Dengan kemampuan yang dimilikinya, rayap dapat membangun sarangnya lengkap dengan sistem tata ruang yang indah dengan ketinggian dapat mencapai 9 meter. Kalau dibandingkan dengan tinggi badan rayap yang hanya 3 mm saja, maka kemampuan rayap membangun “rumah” ini berarti lebih baik dari kemampuan manusia.

Artinya, rayap dengan tinggi badan 3 mm mampu membangun “rumah” hingga 3000 kali dari tinggi badannya. Sedangkan manusia, dengan berbagai peralatan modern seperti sekarang ini baru mampu mendirikan bangunan dengan ketinggian hanya 1.000 kali tinggi badannya. Dengan kata lain, bangunan tertinggi yang sudah dibuat manusia baru mencapai ketinggian sekitar 1.000 meter saja.

Bagaimana rayap bisa memiliki kemampuan seperti itu? Setidaknya ada dua hikmah yang bisa kita dapatkan dari rayap.
  1. Kerjasama.
Rayap bekerja sama dalam membangun sarangnya. Meski tubuhnya kecil dan lemah, tapi dengan kerjasama, semua bisa diatasi. “Koalisi” mereka pun tidak saling curiga, dan tidak saling dengki berapa bagian keuntungan diantara mereka.
  1. Bekerja sesuai Fitrah
Rayap-rayap tersebut senantiasa bekerja dengan mengikuti pola dan prosedur yang telah menjadi fitrah yang diberikan Allah kepada mereka.  Tidak ada arsitektur dan tidak memiliki ilmu bangunan dan tata ruang, tapi produk yang mereka hasilkan jauh lebih hebat dari produk buatan manusia. Mereka mampu, karena mereka hidup dalam fitrahnya. #

No comments: