Tuesday, June 18, 2013

Adu Argumentasi Paripurna BBM

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Mas Romahurmuzy (PPP), saya rasa perlu untuk mengklarifikasi argumentasi Fraksi PPP soal harga BBM di negara ASEAN supaya tidak terjadi penyesatan opini publik.
Dalam Sidang Paripurna semalam Fraksi PPP menyatakan harga BBM Indonesia jauh lebih murah dibanding Vietnam, Laos dan Kamboja yang harganya Rp.10.000-12.000/liter. Fraksi PPP tidak mempertimbangkan bahwa kualitas BBM di Vietnam, Laos, Kamboja adalah kualitas tinggi (RON 92 keatas atau selevel Pertamax).
Perbandingannya juga tidak sempurna, karena Fraksi PPP tidak mencantumkan harga BBM di Malaysia, dimana Petronas dijual dengan harga RM 1,90/liter atau Rp.6000-an. Jadi kalau harga BBM di Indonesia (Premium) dinaikan jadi Rp.6500/liter, maka harga BBM Indonesia akan lebih mahal dibanding harga BBM di Malaysia. Padahal kualitas Petronas (Yaitu RON 92 keatas) lebih tinggi daripada kualitas Premium (Hanya berkualitas RON 88). Ditambah lagi kenyataan bahwa Pendapatan Perkapita Malaysia lebih tinggi dibanding Indonesia. 
(Catatan : RON-Research Octane Number, yaitu Angka yang menunjukan Kualitas Bensin, semakin tinggi angka RON semakin bagus kualitasnya). www.facebook.com/adhiazfar.

No comments: