Wednesday, July 14, 2010

BELANDA & SPANYOL MELENGKAPI GELAR MASING - MASING

Piala Dunia Berakhir. Dengan beragam cerita duka, suka, aneh, takjub dan sebagainya. Mulai dari kontroversi penggunaan vuvuzela sampai ribut masalah Paul si Gurita.

Partai Final yang mempertandingkan Spanyol dan Belanda juga melahirkan catatan sejarah menarik. Seperti biasa, Belanda mempertahankan julukannya sebagai spesialis Runner-up, atau Juara tanpa Mahkota, atau Favorit yang tak pernah juara. Karena kekalahan Belanda di Final kali ini adalah kekalahan ketiga setelah tahun 1974 dikalahkan Jerman Barat dan 1978 dibungkam Argentina.

Bahkan, Belanda yang sejak kualifikasi Grup sampai Semifinal Piala Dunia 2010 ini selalu Menang (Jangankan Kalah, seri pun tak pernah), di Final kali ini memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam 90 menit pertandingan (Belanda baru berhasil dijinakan Spanyol di menit perpanjangan waktu). Namun ini tak cukup untuk menjadikan Belanda Juara Dunia.

Spanyol punya Catatan lain. Yaitu menjadi Tim pertama yang menjuarai Piala Dunia dengan mencetak hanya 8 Gol sepanjang Piala Dunia 2010 (Ini rekor paling sedikit dibanding para juara dunia sebelumnya : Brazil, Italy, Jerman, Argentina, Inggris, Prancis dan Uruguay). Semua Juara Dunia tersebut mencetak gol diatas 10 gol sepanjang kejuaraan dunia (mulai dari penyisihan Grup sampai Babak Final).

Kenapa ? Karena kemenangan Spanyol paling besar hanyalah 2-0 (ketika melawan Honduras di penyisihan Grup), dan rata rata kemenangan Spanyol hanyalah 1-0 (vs Portugal 1-0, vs Paraguay 1-0, vs Jerman 1-0, dan di Final vs Belanda 1-0). Itulah sebabnya Spanyol melengkapi gelarnya dengan julukan baru : SPANYOL = SPesialis menAng 1 NYOL….he…he…he… (Azf)

No comments: